Permen no 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menggantikan Permen no 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian.

Salah satu hal yang mendasar yaitu tentang ketuntasan belajar. Ketuntasan dalam tingkat satuan pendidikan adalah keberhasilan peserta didik menguasai kompetensi seluruh mata pelajaran dalam suatu satuan pendidikan untuk menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan  dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 4,00 – 1,00 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf A sampai dengan D sebagaimana tertera pada tabel berikut :

NILAI KETUNTASAN
PENGETAHUAN DAN KETERAMPLIAN
RENTANG ANGKA HURUF
3.85 4.00 A
3.51 3.84 A –
3.18 3.50 B +
2.85 3.17 B
2.51 2.84 B –
2.18 2.50 C +
1.85 2.17 C
1.51 1.84 C –
1.18 1.50 D +
1.00 1.17 D

Nilai akhir yang diperoleh untuk ranah sikap diambil dari nilai modus (nilai yang terbanyak muncul). Nilai akhir untuk rahah pengetahuan diambil dari nilai rerata dan nilai akhir untuk ranah keterampilan diambil dari nilai optimal (nilai optimal yang dicapai).

Demikian sebagaian hal yang terdapat dalam permen no. 104 tahun 2014, mudah-mudahan nanti bisa kita perdalam dan tampilkan lagi dalam bahasan selanjutnya.